Senin, 02 Maret 2015

Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

 Remaja datang dari kata latin adolensence yang bermakna tumbuh atau tumbuh jadi dewasa. Arti adolensence memiliki makna yang lebih luas lagi yang meliputi kematangan mental, emosional sosial serta fisik (Hurlock, 1992). Pasa saat ini sesungguhnya tak memiliki tempat yang pasti lantaran tak termasuk juga kelompok anak namun tak juga kelompok dewasa atau tua.

Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1994) bahwa saat remaja tunjukkan dengan terang karakter transisi atau peralihan lantaran remaja belum beroleh status dewasa serta tak akan mempunyai status anak. Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004 : 53) saat remaja yaitu peralihan dari saat anak dengan saat dewasa yang alami perubahan seluruhnya segi/manfaat untuk masuk saat dewasa.
Saat remaja berjalan pada usia 12 th. s/d 21 th. untuk wanita serta 13 th. s/d 22 th. untuk pria. Sedang pengertian remaja menurut Zakiah Darajat (1990 : 23) yaitu :


saat peralihan di antara saat kanak-kanak serta dewasa. Dalam saat ini anak alami saat perkembangan serta saat perubahan fisiknya ataupun perubahan psikisnya. Mereka tidaklah anak-anak baik bentuk tubuh maupun langkah berpikir atau melakukan tindakan, namun bukanlah juga orang dewasa yang sudah masak.
Pengertian Remaja

Hal seirama disibakkan oleh Santrock (2003 : 26) bahwa adolescene disimpulkan juga sebagai saat perubahan transisi pada saat anak serta saat dewasa yang meliputi pergantian biologis, kognitif, serta sosial-emosional.

Batasan umur remaja yang umum dipakai oleh beberapa pakar yaitu pada 12 sampai 21 th.. Rentang saat umur remaja ini umumnya dibedakan atas tiga, yakni 12 – 15 th. = saat remaja awal, 15 – 18 th. = saat remaja pertengahan, serta 18 – 21 th. = saat remaja akhir. Namun Monks, Knoers, serta Haditono membedakan saat remaja jadi empat sisi, yakni saat pra-remaja 10 – 12 th., saat remaja awal 12 – 15 th., saat remaja pertengahan 15 – 18 th., serta saat remaja akhir 18 – 21 th. (Deswita, 2006 : 192)

Pengertian remaja yang di uraikan oleh Sri Rumini & Siti Sundari, Zakiah Darajat, serta Santrock itu melukiskan bahwa saat remaja yaitu saat peralihan dari saat anak-anak dengan saat dewasa dengan rentang umur pada 12-22 th., di mana pada saat itu berlangsung sistem pematangan baik itu pematangan fisik, ataupun psikologis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar